Selasa, 30 Juni 2009

SILABUS PKN KELAS X

SILABUS
Nama Sekolah : SMA PURAGABAYA
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi :1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu : 8 X 45 Menit

No.
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

1.1.

Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara


















Bangsa dan negara
· Hakikat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
· Hakikat bangsa
· Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain















· Mengkaji dari beberapa buku sumber tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

· Menganalisis berbagai buku sumber tentang bangsa dan terbentuknya negara serta unsur-unsur negara.

· Mendiskusikan kedudukan negara sebagai lembaga yang mempunyai kekuatan memaksa

· Mendiskusikan hubungan suatu negara dengan negara lain.

· Mengkaji dari berbagai sumber tentang asal mulanya terjadinya negara


· Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial

· Menganalisis pengertian bangsa dan negara

· Menganalisis unsur-unsur terbentuknya Negara






















Test tertulis




Test tertulis dan berbicara













Penugasan











Uraian






Diskusi kelompok













Tugas Individu



1. Apa yang dimaksud dengan negara?
2. Sebutkan unsur-unsur sebuah negara.


1. Diskusikan bersama kelompokmu tentang contoh konkret aturan yang dibuat oleh negara.
2. Berilah alasan, mengapa kekuatan memaksa yang dimiliki oleh negara jauh lebih melimpah daripada dengan organisasi bukan negara?


1. Buatlah kliping berita dari media massa yang berhubungan sikap peduli, empati, dan memperkuat soidar

1 x 45’









Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.




1.2.
Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o Makna penting pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk- bentuk kenegaraan


· Mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara.

· Mendiskusikan pentingnya pengakuan oleh negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan.

· Menanggapi secara individu pendapat para ahli tentang teori negara.

· Membandingkan secara kelompok bentuk-bentuk negara di dunia dengan negara kita.
· Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara

· Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara

· Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan


Performance




Penugasan





Test tertulis








Diskusi kelompok



Membuat kliping/ tugas individu


Karangan.








Diksusikan arti pentingnya pengakuan negara lain terhadap suatu bangsa.

Buatlah sebuah kliping dari media massa tentang pentingnya negara kesatuan.


Buatlah sebuah karangan tentang pentingnya persatuan Indonesia.








2. x 45 ‘
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.



1.3
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI


Pengertian NKRI
sesuai dengan UU yang berlaku Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945


· Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara.

· Menganalisis teori tujuan negara dan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

· Secara kelompok mengkaji relevansi tujuan negara Indonesia dewasa ini











· Menguraikan pengertian dan fungsi negara

· Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia



Penugasan








Test tertulis dan berbicara




Karangan pribadi







Diskusi kelompok




Buatlah komentarmu terhadap sikap peduli, empati, dan memperkuat solidaritas di antara sesama warga NKRI yang majemuk.



Diskusikan definisi nasionalisme menurut pendapatmu.











2 x 45 ‘













Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.

1.4.
Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


o Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
o Makna nasio-nalisme
o Makna patriotisme
o Tata cara penerapan patriotisme dalam kehidupan

· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang semangat kebangsaan.

· Mendiskusi semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia.

· Mengkaji berbagai literatur tentang macam-macam nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap patriotisme Indonesia.

· Menyimpulkan macam-macam nasionalisme dan contoh sikap patriotisme



· Menjelaskan hakikat semangat kebangsaan: seperti nasionalisme, dan patriotisme.
· Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan.



Test tertulis dan berbicara


Penugasan








Ulangan blok

Diskusi kelompok


Laporan hasil tentang pemahaman istilah makna kebangsaan

Pilihan ganda dan uraian

Diskusikan artikel dalam buku halaman 19-31.


Buatlah laporan pemahaman kalian tentang perbedaan antara nasionalisme dan patriotisme.




1. Orang yang memiliki kedudukan resmi sebagai anggota badan suatu negara disebut….
a. penduduk
b. bangsa
c. orang asing
d. warga negara
e. manusia

2. Jelaskan alasan suatu negara mengakui keberadaan negara lain.

2 x 45 ‘
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi Surayawati dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.














Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit


No.
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelaajran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

2.1.

Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan lembaga peradilan.












Sistem hukum Nasional
o Pengertian hukum
o Tata hukum Indonesia
o Penggolongan hukum
o Sumber hukum





· Mencari informasi tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di negara kita.

· Berdiskusi tentang sumber hukum, pengertian lembaga peradilan nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional


· Mendeskripsikan pengertian hukum

· Menjelaskan tujuan hukum

· Menentukan macam-macam penggolongan hukum

· Mendeskripsikan sumber hukum dan tata urutan peraturan perundang-undangan RI


Test tertulis




Test tertulis dan berbicara

Penugasan






Uraian







Diskusi kelompok


Individu





1. Apa saja tujuan dibuatkan hokum bagi suatu negara?





Diskusikan tiga komponen hukum seperti dalam buku halaman 41.

Buatlah laporan tentang hasil pengamatan terhadap opini masyarakat terhadap tiga komponen hukum yaitu kelembagaan hukum, materi hukum, dan budaya hukum.

2 x 45’









Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.


2.2.
Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan

Lembaga Peradilan

Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
Klasifikasi lembaga peradilan
Tingkatan lembaga peradilan
Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan


· Secara individu mencari informasi dari berbagai sumber tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan.

· Berdiskusi tentang perangkat lembaga peradilan.

· Berdiskusi tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranannya.



· Menjelaskan pengertian sistem peradilan nasional

· Menguraikan perangkat lembaga peradilan

· Menganalisis macam-macam lembaga peradilan

· Menganalisis peranan lembaga peradilan.

Performance





Presentasi






Tugas kelompok





Tugas individu





Buatlah mind mapping untuk menggambarkan lembaga-lembaga peradilan di Indonesia.



Carilah satu berita berkaitan dengan proses pemeriksaan dalam sidang di pengadilan dari koran, atau internet.


2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.



2.3
Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

Sikap yang sesuai dengan hukum
o Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
o Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya

· Mencari informasi tentang pengembangan budaya hukum di Indonesia.

· Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum

· Secara kelompok menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya.

· Mencari informasi tentang kesadaran hukum di Indonesia.



· Menjelaskan pengertian pengembangan budaya hukum

· Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum

· Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum

· Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku


Performance



Test tertulis dan berbicara








Presentasi


Tugas individu









Tugas kelompok





Tugas individu

Carilah satu berita yang berkaitan dengan kesadaran hukum masyarakat dari koran yang ada di perpustakaan sekolah atau internet. Kemudian mengisi matrik yang telah disiapkan dalam buku halaman 57.


Selidikilah tiga kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.


Presentasikan hasil kerja individu di depan kelas.





2 x 45’













Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.



2.4.
Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Pemberantasan korupsi
o Pengertian Korupsi
o Dasar hukum pemberantas korupsi
o Klasifikasi perbuatan korupsi
o Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi



· Mengkaji dari beberapa literatur dan sumber tentag aturan dan macam-macam perbuatan yang termasuk korupsi.

· Berdiskusi tentang tindakan pidana korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

· Menulis beberapa contoh perbuatan yang termasuk korupsi.

· Membuat laporan tentang sanksi yang diberikan kepada orang-orang yang melakukan tindakan korupsi.

· Menjelaskan pengertian dan sebab-sebab korupsi
· Menganalisis upaya dan kendala pemberantasan korupsi.
· Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
· Menunjukkan macam-macam perbuatan yang termasuk kategori korupsi.


Test tertulis dan berbicara










Penugasan










Diskusi kelompok



Individu






Laporan






Diskusikan beberapa kasus tindakan korupsi yang sedang hangat dibicarakan. Temukan aturan-aturan apa saja yang berupaya memberantas korupsi?





Tulislah sikapmu terhadap kasus korupsi yang terjadi di daerahmu!
2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.


2.5.
Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
o Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
o Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
o Sikap diri anti korupsi

· Mencari berbagai literatur tentangn korupsi dan perbuatan anti korupsi.

· Mendiskusikan tentang macam-macam perbuatan antikorupsi.

· Membuat laporan tentang data-data tindakan korupsi.



· Menunjukkan contoh sikap anti korupsi.

· Menganalisi macam-macam perbuatan anti korupsi.


· Menampilkan sikap anti korupsi


Test tertulis dan berbicara





Ulangan blok


Diskusi kelompok





Pilihan ganda dan uraian

Rumuskan sikap kelompok terhadap kasus tindakan korupsi yang terjadi di daerahmu!



Salah satu lembaga sosial kemasyarakat yang selama ini berperan dalam memberantas korupsi di Indonesia adalah….
a. KPU
b. KPKPN
c. ICW
d. KONTRAS
e. ELSAM

Berikan contoh-contoh peran serta masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!


2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.















Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit


No.
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelaajran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

3.1.

Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM


Hak Asasi Manusia di Indonesia
o Pengertian dan macam- macam HAM
o Instrumen Hukum HAM Nasional dan Internasional



· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang pengertiah HAM, macam-macam HAM, dan instrumen hukum HAM di Indonesia dan dunia Internasional
· Membuat daftar tentang hak-hak yang dimiliki oleh siswa.
· Mendiskusikan tentang penghormatan terhadap HAM.
· Mengkaji artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakkan HAM


· Menjelaskan pemahaman konseptual tentang HAM
· Mengidentifikasikan macam-macam HAM
· Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
· Menentukan instumen HAM nasional


Penugasan





Test tertulis dan berbicara






Performance

Laporan tentang hak pribadi



Diskusi kelompok






Tugas individu tentang hasil kajian artikel

Buatlah daftar mengenai hak-hak kalian sebagai seorang siswa di sekolah!



Diskusikan dalam kelompok cara-cara yang perlu dilakukan oleh warga sekolah agar semua siswa menikmati hak-haknya secara optimal.

Bacalah pendapatmu tentang salah satu instrumen hokum HAM yang berupaya menegakkan HAM!


2 x 45’









Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.


3.2.
Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Upaya-Upaya Penegakan HAM di Indonesia.
o Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
o Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM.
o Tantangan dalam penegakan HAM di Indonesia

· Secara individu mencari informasi dari berbagai sumber tentang sejarah penegakan HAM di Indonesia, upaya penegakan HAM,, Komnas HAM dan peranannya, Pengadilan HAM, dan penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM.
· Mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh pelanggaran HAM di wilayahnya.
· Membuat karangan tentang kasus pelanggaran HAM
· Mendiskusikan kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi Indonesia.
· Mengilustrasikan upaya penegakkan HAM
· Membuat kesimpulan tentang penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
· Melaporkan beberapa tokoh dan lembaga yang bergerak dalam penegakan HAM.


· Menjelaskan sejarah singkat tentang penegakkan HAM di Indonesia
· Menjelaskan beberapa lembaga yang berupaya menegakan HAM di Indonesia.
· Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat.
· Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
· Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
· Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia


Portofolio








Test tertulis dan berbicara





Performance






Penugasan




Penugasan

Karangan tentang HAM






Mengemukakan pendapat.




Tugas kelompok





Membuat kesimpulan


Laporan tentang tokoh dan lembaga yang berperan dalam penegakan HAM.

Pilihlah salah satu kasus pelanggaran HAM di daerahmu. Kemudian wawancarialah korbannya lalu buatlah sebuah karangan tentang upaya penegakan HAM.


Diskusikan pelanggaran HAM yang terjadi daerahmu dalam kelompokmu. Bagaimana upaya kalian menegakan HAM.

Buatlah laporan hasil diskusimu tentang artikel yang ada dalam buku halaman 98!



Buatlah kesimpulan tentang upaya penegakan HAM di Indonesia!


Carilah di perpustakaan tokoh-tokoh yang memperjuangkan penegakan HAM di Indonesia!
2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.




3.3

Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM

Dimensi Internasional HAM
o Instrumen HAM Internasional
o Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional


· Mengkaji informasi tentang instrumen HAM internasional, kasus pelanggaran HAM internasional, dan peradilan HAM internasional.
· Menelaah artikel tentang keberadaan Mahkamah Internasional.
· Membuat rangkuman tentang HAM
· Membuat reportase tentang Mahkamah Internasional.
· Menjelaskan akibat jika negara tidak menegakan HAM
· Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
· Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
· Mendeskripsikan peradilan HAM internasional


Performance










Penugasan






Ulangan blok

Tugas individu








Reportase







Pilihan ganda dan uraian

Buatlah rangkuman tentang pendapat pro dan kontra mengenai keberadaan Mahkamah Internasional.





Susunlah sebuah reportase singkat yang bertemakan “Mahkamah Internasional di Mata Masyarakat”!


Bagi peradilan nasional, Mahkamah Internasional berkeudukan sebagai lembaga yang….
a. mengatasi
b. membawahi
c. melengkapi
d. mengawasi
e. menindaklanjuti

Mahkamah Internasional merupakan pelengkap peradilan nasional. Apakah maksud pernyataan tersebut?



2 x 45’













Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.






































Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit


No.
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelaajran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

4.1.
Menganalisis substansi dasar negara dan konstitusi negara

Dasar negara dan konstitusi
o Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o Tujuan dan Nilai konstitusi
o UUD 1945

· Mengkaji beberapa buku tentang pengertian dasar negara, substansi dasar negara, fungsi dasar negara, pengertian konstitusi, kedudukan konstitusi, fungsi kontitusi, substansi kontitusi,
· Mengkaji beberapa buku atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi
· Membuat karangan tentang dasa negara Pancasila.
· Membandingkan dasar negara dalam kelompok.
· Menulis gagasan politik, moral, dan keagamaan yang termuat dalam konstitusi negara.
· Membuat sebuah karya tulis tentang Substansi UUD 1945: Sebuah Analisis Kritis.

· Mendeskripsikan pengertian dasar negara
· Menjelaskan substansi dasar negara dan fungsi dasar negara.
· Menguraikan substansi konstitusi negara
· Menjelaskan tujuan dan nilai konstitusi
· Menguraikan unsur sebuah konstitusi
· Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
· Menganalisis substansi konstitusi Indonesia


Penugasan






Performance








Portofolio







Test tertulis

Karangan tentang dasar negara



Diskusi kelompok







Karya ilmiah






Uraian

Buatlah sebuah karangan singkat yang berisi tentang dasar negara Pancasila!



Diskusikan dalam kelompok kemudian buatlah rangkuman tentang inti ajaran liberalisme, sosialisme, komunisme, dan Pancasila!


Buatlah laporan kerja kelompok dalam sebuah karya tulis ilmiah dengan judul “Substansi UUD 1945; Sebuah Hasil Analisis Kritis”


Apa yang dimaksud dengan dasar negara dan konstitusi negara?

2 x 45’









Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.


4.2.

Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi


Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi Substansi konstitusi negara
o Muatan konstitusi negara
o Klasifikasi konstitusi
Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD

· Mencari informasi dari berbagai literatur tentang hubungan antara dasar negara dan konstitusi suatu engara.


· Berdiskusi tentang keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi
· Membuat karangan tentang hubungan salah satu sila Pancasila dengan pasal-pasal UUD 1945.


· Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi sebuah negara.
· Menjelaskan hubungan antara dasar negara dan konstitusi di Indonesia.
· Menjelaskan hubungan antara dasar negara dan konstitusi di negara Liberal
· Menjelaskan hubungan antara dasar negara dan konstitusi di negara Komunis.

Penugasan







Test tertulis dan berbicara







Karangan tentang hubungan antara Pancasila dan UUD 1945.

Mengemukakan pendapat.





Buatlah sebuah karangan tentang hubungan salah satu sila Pancasila dengan pasal-pasal UUD 1945!




Diskusikan system check and balances menurut Konstitusi Amerika Serikat kemudian buatlah system check and balances menurut UUD 1945!
2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.




4.3

Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia


Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o Makna setiap alinea dalam pembukaan

· Menganalisis UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.
· Berdiskusi tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945.
· Menulis karangan singkat tentang tujuan dari negara RI.



· Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
· Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
· Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

Performance






Test berbicara








Tugas individu





Mengemukakan pendapat.






Buatlah sebuah karangan tentang tujuan negara RI kemudian tempelkan hasil karanganmu di majalah dinding atau majalah sekolah!

Diskusikan perbedaan antara pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen!



2 x 45’













Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.
4.4.
Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara


Tanggung jawab warga negara terhadap Konstitusi dan Dasar Negara.
· Mengkaji beberapa informasi tentang tanggung jawab warga negara terhadap konstitusi
· Membuat rangkuman tentang hubungan dasar negara dan konstitusi.

· Menguraikan kesadaran warga negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
· Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara



Performance





Ulangan blok


Tugas kelonmpok



Pilihan ganda dan uraian.


Diskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 147 kemudian bacakan hasil diskusinya di depan kelas!

Pasal 28 a – J UUD 1945 hakikatnya merupakan penjabatan dari Pancasila terutama sila….
pertama
kedua
ketiga
keempat
kelima


2 X 45’

Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga

Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit


No.
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelaajran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

5.1.

Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia


Persamaan Kedudukan Warga Negara
o Kedudukan Warga negara dan Pewarganegaraan
o Warga negara menurut Hukum kewarganegaraan Indonesia.


· Mengkaji pengertian dan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan, serta hukum yang menjadi kewarganegaraan Indonesia.
· Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku melalui kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku
· Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan

· Menjelaskan pengertian warga negara dan pewarganegaraan.
· Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
· Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
· Menjelaskan hukum kewarganegaraan Iindonesia.

Performance






Presentasi



Tugas individu









Diskusi kelompok.

Carilah informasi dari internet tentang mafanat konkret dalam kehidupan sehari-hari dari status sebagai warga negara!
Kemudian kemukakan pendapatmu di depan kelas!



Lakukan telah terhadap satu peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara!

2 x 45’









Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.


5.2.
Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

persamaan kedudukan warga negara
o Pengertian Persamaan Kedudukan Warga Negara
o Alasan Perlunya Prinsip persamaan Kedudukan warga negara.

o Prinsip persamaan kedudukan warga negara di berbagai bidang.


· Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku melalui studi pustaka tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara yang diatur dalam Undang-undang.

· Menulis pendapat tentang prinsip persamaan kedudukan warga negara.

· Mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku.

· Membuat kliping dalam kelompok tentang praktek ketidaksamaan dalam masyarakat.


· Menjelaskan pengertian persamaan kedudukan warga negara
· Menguraikan perlunya prinsip persamaan kedudukan warga negara.
· Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
· Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
· Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara




Test tertulis dan berbicara




















Performance








Test tertulis






Mengemukakan pendapat.


















Tugas individu







Tugas kelompok.




Diskusikan salah satu pertanyaan di bawah!
- Mengapa seseorang/kelompok masyarakat cenderung meminta perlakukan istimewa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara walaupun sudah jelas bahwa perlakuan istimewa itu berakibat tidak baik bagi kehidupan masyarakat?




Tulislah pendapatmu tentang apa jadinya jika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah prinsip “saya lebih tinggi kedudukanntya daripada yang lain?

Buatlah 6 kliping gambar. Usahakan semua kliping itu mencakup semua bidang artinya ada kliping tentang praktekt ketidaksamaan dalam bidang ekonomi dan lain sebagainya.
2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.




5.3

Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara.

· Mencari informasi tentang menghargai persamaan kedudukan warga negara
· Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku.
· Membuat rangkuman tentang Persamaan Kedudukan Warga negara.
· Membuat narasi tentang kasus diskriminasi yang pernah dialami.
· Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

· Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

Performance






Penugasan








Ulangan blok

Tugas kelompok.





Reportase








Pilihan ganda dan uraian

Diskusikan artikel dalam buku halaman 183-184!





Buatlah narasi mengegani satu kasus diskriminasi yang pernah kalian alami/saksikan. Lalu tulislah lalu pajangkan di majalah dinding sekolah!


Anggota resmi sebuah negara disebut….
a. penduduk
b. rakyat negara
c. pemukim negara
d. warga negara
e. pendukung negara

Mengapa prinsip persamaan kedudukan warga negara itu diperlukan?

2 x 45’













Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.






































Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit


No.
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelaajran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

6.1.

Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia

Pengertian Sistem Politik



· Mengkaji literatur tentang pengertian sistem politik dan sistem politik di Indonesia.
· Mewancarai tokoh partai politik yang ada di masyarakat.
· Mendiskusikan tentang eksitensi supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia

· Menjelaskan pengertian sistem politik.
· Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia.
· Mendeskripsikan infrastruktur politik.



Performance









Tes tertulis


Presentasi



Hasil wawancara














Uraian



Diskusi kelompok.

Lakukan wawancara dengan salah seorang tokoh partai politik yang ada di sekitar tempat tinggalmu! Tanyakana bagaimana proses pembentukan kepengurusan partai, bagaimana sifat keanggotaan, dan apa saja kegiatan utama partai itu dan bagaimana cara kerja baku dalam partai itu?

Apa yang dimaksud dengan system dan system politik?


Diskusikan bersama kelompok tentang fungsi-fungsi lembaga-lembaga politik di Indonesia!

2 x 45’









Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.


6.2.
Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara

Macam-Macam Sistem Politik

· Mengkaji beberapa literatur tentang sistem politik yang dianut oleh berbagai negara di dunia.
· Membandingkan sistem politik di Indonesia dengan sistem politik di negara lain.
· Memberi tanggapan terhadap sistem politik demokratis dengan sistem politik diktator.





· Mendeskripsikan macam-macam sistem politik di berbagai negara.

· Mendeskripsikan perbedaan sistem politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis



Performance




Test tertulis






Tugas individu



Tugas kelompok.




Buatlah perbadingan antara system politik demokratis dengan system politik kediktatoran!

Buatlah sebuah karya ilmiah dalam kelompok tentang fungsi-fungsi politik yang semestinya, struktur-struktur politik yang semesterinya menjalankan fungsi-fungsi politik!

2 x 45’
Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.




6.3

Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

Partisipasi dalam sistem politik di Indonesia



· Secara kelompok mencari literatur tentang partisipasi konvensional dan nonkonvensional.
· Berperan serta secara aktif dalam sistem politik di Indonesia Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri masyarakat politik
· Mendemonstrasikan perilaku dan berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia

· Mendeskripsikan partisipasi dalam sistem politik di Indonesia.
· Menjelaskan partisipasi konvensional dan nonkonvensional.
· Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
o Berperan serta secara aktif dalam sistem politik di Indonesia

Performance






Penugasan



Ulangan blok

Tugas kelompok.





Reportase



Pilihan ganda dan uraian

Diskusikan dalam kelompokmu artikel dalma buku halaman 219!




Kemukakan pendapatmu tentang artikel tersebut dalam tulisan!

Input dalam suatu system politik dapat berupa hal-hal berikut ini, yaitu….
a. dukungan
b. sikap apatis
c. tuntutan
d. jawaban a dan c benar
e. jawaban a, b, dan c benar.


Sebutkan dan jelaskan cirri-ciri system politik kediktatoran!



2 x 45’













Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas X Kun Bambang Suteng, Saptono, Wasitohadi, dan Mawardi dari PT Erlangga


Artikel dari media massa seperti majalah, koran, internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar