Jumat, 31 Juli 2009

Pancasila sebagai ideologi terbuka

Bahan Pelajaran SMA Kelas XII smt 1

Abdulkadir Besar dalam tulisannya tentang Pancasila Ideologi Terbuka, antara lain menyebutkan bahwa pada umumnya khalayak memahami arti "terbuka" dari pernyataan "ideologi terbuka" sebagai sifat keterbukaan ideologi itu sendiri. Oleh sebaba itu, pernyataan "Pancasila adalah ideologi terbuka" banyak dipahami secara harfiah, yaitu berbagai konsep dari ideologi lain, terutama terutama dari ideologi Liberalisme, seperti HAM, pasar bebas, mayoritas tunggal, dualisme pemerintahan. serta konsekuensi logis dari sistem oposisi liberal.

Dalam pandangan Alfian, kekuatan suatu ideologi tergantung pada tiga dimensi. Pertama, Dimensi realitas. kedua, dimensi idealitas. ketiga, dimensi fleksibilitas. Masih menurut Alfian, ideologi Pancasila bersifat fleksibel karena mengandung;
1. Nilai dasar:
merupakan nilai-nilai dasar yang relatif tetap yang terdapat di dalam pembukaaan UUD 1945. Nilai-nilai dasar pancasila (ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial) akan dijabarkan lebih lanjut menjadi nilai instrumental dan nilai praktis.
2. Nilai instrumental:
merupakan nilai-nilai lebih lanjut dari nilai-nilai dasar yang dijabarkan secara lebih kreatif dan dinamis dalam bentuk UUD 1945, TAP MPR, dan peraturan perundang-undang lainnya.
3. Nilai praktis:
Merupakan nilai-nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kehidupan nyata sehari-hari baik dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai praktis yang abstrak. Misalnya, menghormati, kerja sama, kerukunan. dan diwujudkan dalam bentuk sikap, perbuatan, dan tingkah laku sehari-hari.

Pancasila harus terus menerus dimaknai, diwacanakan, dan dijadikan bahan perdebatan publik dalam rangka mencari solusi atas masalah bangsa yang tidak kunjung dapat diatasi setelah reformasi. "tidak ada yang keliru dalam pancasila. yang keliru adalah pemahaman tunggal atasnya untuk mempertahankan kekuasaan seperti terjadi pada masa lalu. ujar Edi Sudrajat.

Dalam sambutannya, presiden menyatakan, kebebasan diperlukan dalam kehidupan demokratis, tetapi harus bergandengan dengan tatanan hukum. "kita ingin demokratis dan kebebasan makin mekar, tetapi tatanan dan ketertiban kehidupan politik terjamin. keduanya adalah kebutuhan kembar kita agar pembangunan yang dirintis sejak Soekarno dapat dilanjutkan. Letakkan kebebasan dalam konteks yang utuh agar kehidupan harmonis.

Tugas latihan:
Carilah sumber informasi lain dari buku, koran, majalah, internet dsb kemudian lakukan hal-hal berikut:
1. Rumuskan kembali pemahaman anda berkenaan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka?
2. Berikan penjelasan hubungan antara pernyataan pancasila sebagai ideologi terbuka dengan konstelasi ideologi dunia?
3. Berikan sekurang-kurangnya 2 faktor yang mendorong pemikiran bahwa Pancasila adalah ideologi terbuka/
4. Identifikasi kembali dalam bentuk apa saja seorang warga dapat mengimplementasikan ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara?

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nmer 4 jwbnnya apasih. ? Gua cari" tpi ga nemu" .

    BalasHapus